. MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI

Sabtu, 20 Februari 2016

Melatih Kemandirian Sejak Dini

Tugas orang tua baik itu disekolah dan apalagi dirumah adalah memaksimalkan potensi ananda agar berkembang secara optimal. Didukung dengan rasa kemandirian dan rasa tanggung jawab akan kewajibannya, sehingga seorang anak akan semakin mudah untuk meraih masa depan gemilang.

Bertepatan dengan hari Senin tanggal 15 Februari 2016, anak-anak SDIT Qurrota Ay'un Ponorogo belajar mengurus pribadinya. Dalam hal ini adalah menyiapkan baju kesehariannya dirumah. Anak-anak dipandu oleh ustadzahnya mencoba melibat bajunya sendiri-sendiri.

Tingkah polah mereka sungguh lucu dan menggugah semangat kita yang melihatnya. Ada diantaranya yang sudah terbiasa melakukannya dirumah, ada pula yang harus bergonta-ganti posisi pakain yang dilipatnya atau bahkan posisi tubuh mereka ke kanan kekiri untuk melipat baju mereka dengan lebih rapi. Maklum, mereka semua masih kelas 1 sekolah dasar.

Kegiatan ini diadakan untuk melatih kemandirian ananda. Masa-masa mereka sudah mulai mamasuki lingkungan dan tugas belajar yang baru. Dari kuantitas barang pribadi mereka juga sudah lumayan banyak. Sungguh pemikiran tersendiri ketika melihat anak didik kita belum mampu mengatur barang pribadinya. Pakaian masih dicucikan orang tua atau bahkan pembantu. Pulang sekolah sepatu dibiarkan berserakan dilantai dan banyak lagi barang pribadi mereka yang perlu sedari awal mereka sadari bahwa itu adalah hak dan tanggung jawab mereka.


Semoga penerus kita menjadi generasi yang mandiri. Amiin  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar