. MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI

Minggu, 07 Februari 2016

Kesiapan Belajar Masuk SD


Sekolah dasar islam terpadu Qurota ayun Ponorogo adalah sekolah yang dikelola secara apik dengan sistem full day school. Sekolah ini memakai multi metode dalam pembelajarannya sehingga anak tetap merasa nyaman walau seharian disekolah. |Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|Sekolah masa depan|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah Prestasi

Transisi anak dari TK ke SD membutuhkan banyak persiapan, namun persiapan yang paling penting merupakan kesiapan anak untuk beradaptasi di tempat dan lingkungan baru. Yuk simak hal-hal apa saja yang mengindikasikan anak siap untuk bersekolah.

Usia merupakan salah satu hal yang indikator termudah untuk mengetahui kesiapan anak untuk masuk ke jenjang SD, maka itu banyak sekolah yang memberi patokan usia masuk SD. Barulah setelah anak masuk SD anak dapat diketahui kesiapannya melalui pengamatan apakah anak mandiri saat melakukan kegiatan belajar dan bertanggung jawab dalam keperluannya.

Dari segi fisik anak dapat dikatakan siap apabila anak mampu mengikuti instruksi untuk duduk tenang dan dapat memusatkan perhatian. Sedangkan anak dapat dinyatakan siap secara mental bila ia mampu menerima dan mengekspresikan ide dengan menggunakan bahasa aktif.

Sekolah juga telah menetapkan standar anak dapat menulis dan membaca, setidaknya anak sudah memiliki dasar atas kedua hal tersebut seperti mengenal huruf dan spelling, tidak diharuskan fasih.Lalu sekolah juga ingin melihat kesiapan dari segi sosial, yaitu ketika anak diajak bicara ia mampu menjawab sesuai konteks.


Sekolah dasar islam terpadu Qurota ayun Ponorogo adalah sekolah yang dikelola secara apik dengan sistem full day school. Sekolah ini memakai multi metode dalam pembelajarannya sehingga anak tetap merasa nyaman walau seharian disekolah. |Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|Sekolah masa depan|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah Prestasi
Dengan kesiapan itu, anak mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil mengikuti pendidikan pada jenjang selanjutnya dibandingkan anak-anak yang belum memiliki kesiapan.

Pernyataan di atas bukanlah tanpa alasan karena Lefrançois (2000) telah menyatakan bahwa peserta belajar yang siap untuk belajar hal-hal yang lebih spesifik akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih banyak yang kaya dibandingkan yang belum siap.
Istilah kesiapan (readiness), dalam kamus Webster didiskripsikan sebagai:
a. Kesiapan mental atau fisik untuk bertindak atau menerima pengalaman.
b. Yang tangkas/pantas, cakap, atau trampil
c. Immediate availability (Gredler,1992).

Dalam bahasan selanjutnya, istilah kesiapan dan kematangan sekolah mempunyai pengertian yang sama, hal ini didasari oleh pendapat Piaget (dalam Gredler,1992) yang menyatakan kedua istilah ini mempunyai pengertian yang sama karena kesiapan tidak akan pernah dapat tercapai tanpa kematangan.
Untuk bisa dikatakan siap, tentu saja ada kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi. Ada beberapa pandangan dan tokoh yang memberikan sumbangan tentang kriteria kematangan sekolah, diantaranya adalah:
1. David Ausubel (1962)
mendiskripsikan kesiapan sekolah sebagai kondisi tertentu yang tergantung pada pertumbuhan dan kematangan serta pengalaman sosial anak. Menurutnya kesiapan sekolah adalah suatu kondisi di mana:

– Anak dapat belajar dengan mudah tanpa ketegangan emosi.

– Anak mampu menujukkan motivasinya karena usahanya untuk belajar memberikan hasil yang sesuai.

2. Strebel (dalam Mangunsong dkk, 1993)
Mengemukakan tujuh kriteria kematangan sekolah sebagai berikut:

a. Perkembangan fisik yang sudah matang.

b. Derajat ketergantungan terhadap orang tua, terutama sejauh mana keterikatan anak kepada ibunya.
c. Pemilihan tugas sendiri sesuai dengan minatnya.
d. Dapat menyelesaikan tugas yang diberikan maupun yang dipilih sendiri.
e. Ketepatan prestasi kerja, sehubungan dengan konsentrasi dan perhatiannya terhadap pelajaran.
f. Keteraturan dalam berpikir daan bertingkah laku secara sosial, dalam bekerja kelompok dan teman-temannya.
g. Perkembangan mental yang dapat diukur dengan tes inteligensi dan tes kematangan sekolah.

Sekolah dasar islam terpadu Qurota ayun Ponorogo adalah sekolah yang dikelola secara apik dengan sistem full day school. Sekolah ini memakai multi metode dalam pembelajarannya sehingga anak tetap merasa nyaman walau seharian disekolah. |Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|SDIT Qurrota a'yun ponorogo|Sekolah masa depan|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah mutu Ponorogo|Sekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah PrestasiSekolah Prestasi
Hal-hal yang mempengaruhi kesiapan seseorang dalam belajar adalah kematangan fisik, perkembangan keterampilan berpikir, dan adanya motivasi. Untuk mengukur kesiapan, guru dapat mengukur melalui perkembangan emosi dan intelektual anak. Selain itu juga guru perlu mengerti bagaimana anak belajar dan motivasi belajar anak (Lefrançois, 2000)



sumber : http://episentrum.com/artikel-psikologi/ dengan sedikit perubahan
sumber:http://www.parenting.co.id/usia-sekolah/kriteria+masuk+sd+terkait+kesiapan+anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar